Mengapa Marketing Itu Sangat Penting?

Kesuksesan sebuah bisnis sangat tergantung dari bagiamana kesuksesan marketing. Sehingga bisa dikatakan sehebat apapun produk yang Anda miliki, jika tidak dibarengi dengan marketing, maka tidak akan menjadi apa – apa. Berikut ini beberapa alasan mengapa marketing begitu penting dalam sebuah bisnis.

1. Sebagai Ajang Untuk Memperkenalkan Produk atau Jasa “Brand Awareness”

Brand awareness adalah bentuk usaha untuk memberikan kesadaran merek. Artinya dengan usaha marketing yang dilakukan. Calon konsumen dapat mengerti dan mengenal produk Anda. Tujuan utamanya adalah agar bisnis dapat berkembang pesat dikalangan para pengguna.Ada sebutan AIDA dikalangan para marketer. Yaiut istilah untuk :

Attention = Menarik perhatian konsumen
Interest = Calon konsumen menjadi tertarik
Desire =  Timbul perasaan ingin mencoba
Action =  Yaitu sebuah tindakan nyata untuk membeli jasa atau produk

Seandainya para pelaku marketing mampu menguasai ke 5 hal diatas, sudah tentu mampu menguasai pasar. Karena dari poin – poin diatas terdapat strategi yang bisa diterapkan.

2. Meningkatkan Kesuksesan Penjualan

Setelah produk Anda dikenali oleh para konsumen, kesempatan untuk menjual tentu menjadi semakin besar.

Untuk mencapai tujuan tersebut ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.

  1. Jaga kualitas produk agar mendapat kepercayaan konsumen
  2. Berikan pelayanan yang jitu
  3. Gunakan teknik promosi dan pemilihan nama brand yang tepat

Kita bisa melihat contoh – contoh yang ada sekarang ini. Coba perhatikan dengan seksama, bagaimana perusahaan besar melakukan promosi baik itu lewat media internet atau media lain. Anda bisa meniru atau setidaknya memahami cara kerja promosi mereka.

3. Meningkatkan Reputasi Perusahaan Anda.

Kegiatan marketing ternyata dapat membantu reputasi perusahaan Anda menjadi semakin tinggi. Sehingga akan menimbulkan dampak yang hebat. Bisa jadi banyak kerja sama yang akan tumbuh baik itu dari kalangan perusahaan lain atau dari kalangan para konsumen.

Dari kegiatan marketing timbul kesadaran tentang adanya usaha Anda, dari sini timbul istilah engagement atau keterkaitan  dengan konsumen.

4. Dapat Membuat Perusahaan Terus Berkembang Pesat Karena Adanya Pengalaman Dibidang Marketing.

Kegiatan marketing dapat memberikan dampak lain. Yaitu dampak dimana Anda sebagai owner dapat mengetahui perkembangan bisnis Anda selama ini.

Hal ini karena Anda yang tahu dan memiliki pengalaman tentang teknik marketing terbaik bagi perusahaan Anda. Berbeda ketika Anda tidak memperhatikan marketing, semua penilaian tidak dapat dilakukan dengan jelas.

Kegiatan ini dapat terwujud jika Anda memiliki catatan yang lengkap. Yaitu catatan berupa strategi marketing, efek penjualan yang ditimbulkan, biaya yang digunakan, dan keuntungan yang didapatkan. Semua itu dapat memberikan gambaran bagi Anda, kemana arah marketing selanjutnya. Apakah perlu perubahan atau tetap menggunakan strategi marketing lain.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *